Ads 468x60px

Minggu, 19 Juli 2009

PERANGKAT KOMPUTER




komputer adalah alat yang diciptakan manusia yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. komputer memiliki perangkat agar komputer bisa berfungsi optimal seperti hardware (perangkat keras), Software (perangkat lunak) dan sebagai penggunanya adalah Brainware (Manusia)
1. HARDWARE
Hardware adalah perangkat Keras Pada Komputer yang sifatnya bisa dilihat dan diraba dengan tangan. contohnya seperti :


a.) motherboard adalah Papan Induk Pada komputer yang fungsinya digunakan untuk meletakkan perangkat keras lainnya seperti VGA Card, Lan Card, CPU dan perangkat keras lainnya.





b.) Processor atau CPU adalah Otak Komputer yang fungsinya sebagai pengendali komputer yang melakukan perhitungan dan dan menjalankan tugas atau chip yang sering disebut “Microprosessor”



c.) Ram adalah memori dimana data atau program yang terdapat didalamnya dapat dibaca dan dirubah. RAM digunakan sebagai media penyimpanan data sementara yang sedang dikerjakan oleh komputer.


d.) Rom adalah jenis memori permanen yang digunakan komputer untuk data yang hanya bisa dibaca dan tidak boleh dirubah. Pada PC, salah satu contoh ROM adalah terdapat pada BIOS (Basic Input Output System) terdapat pada mainboard. Berfungsi untuk mengatur peripheral yang ada pada mainboard.


e.) Hard Disk adalah media penyimpanan permanen yang memiliki kapasitas sangat besar untuk menyimpan data berupa dokumen atau program juga memberikan kemampuan pada komputer untuk mengingat apapun, bahkan saat tidak dapat aliran listrik dan dapat menyimpan perubahan data digital kedalam bentuk data permanen.


f.) Heat Sink Fan adalah berfungsi untuk membuang panas pada processor agar didapat kan kinerja processor lebih stabil yang ditempel langsug pada atas processor.




g.) CD-Rom Drive digunakan untuk membaca compact disk dalam bentuk audio atau CD-ROM. CD-ROM keluaran terbaru dapat membaca CD-R (CD yang dapat ditulis) dan juga CD-RW (CD yang dapat ditulis berulang-ulang). Kecepatan berputar dari CD-ROM biasanya tidak terlalu penting kecuali pada saat menginstall program, memainkan permainan (games) yang menggunakan CD-ROM drive, atau pada saat membuat CD dengan CD writer.



h.) FLOPPY DISK
merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi, tapi sekarang jarang dipakai lagi kebanyakan sekarang orang memakai flash disk karena kapasaitasnya yang sangat besar dibandingkan memakai Ploffy Disk



i.) MOUSE merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data.Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.


j.) KEYBOARD paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.


k.) SCANNER merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.




l.) MONITOR Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.





m.) PRINTER Priter merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.




2. SOFTWARE
Software adalah perangkat lunak komputer yang tidak bisa diraba dengan tangan tapi bisa dilihat atau kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer
dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah , maupun dokumen serta arsip lainnya. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah

1 komentar:

ANs mengatakan...

I Love You Full
Sipppppp